Analisis Jaringan Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat Mojo Kota Surabaya

  • NADIA IFFAH DIN
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Saat ini telah memasuki era informasi di mana informasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Informasi menjadi salah satu kebutuhan manusia selain kebutuhan sandang, pangan dan papan. Melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) pemerintah berupaya untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai lembaga informasi masyarakat. Surabaya memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang sudah ber- SK berjumlah 86 sedangkan yang belum memiliki SK sejumlah 68 dan tersebar di 31 Kecamatan di Surabaya. Salah satu KIM di Surabaya adalah KIM Mojo, yang cukup aktif dalam penyampaian informasi pada semua bidang, ikut serta menjadi bagian media promosi usaha makro dan mikro warga Kelurahan Mojo, Selain itu, KIM Mojo juga memberikan informasi mengenai setiap kegiatan di Kelurahan Mojo kepada masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola jaringan komunikasi yang terbentuk beserta peranan setiap anggota KIM Mojo, mengetahui proses difusi inovasi KIM Mojo di Masyarakat Mojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis jaringan komunikasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, survei, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan software UCINET dan NETDRAW. Hasilnya menunjukkan membentuk komunikasi pola bintang karena setiap anggota dapat berkomunikasi satu sama lain. selain itu, terdapat 4 opinion leaders dan 3 gatekeepers dalam jaringan komunikasi KIM Mojo. Selain itu terdapat 4 unsur difusi inovasi yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, serta sistem sosial pada pembentukan KIM Mojo.

Kata Kunci: KIM, analisis jaringan komunikasi, opinion leaders, gatekeeper, difusi inovasi






Published
2018-11-23
How to Cite
IFFAH DIN, N., & TANDYONOMANU, D. (2018). Analisis Jaringan Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat Mojo Kota Surabaya. The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26052
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 204