PENERAPAN JURNALISME POSITIF DALAM MEDIA ONLINE (STUDI KEBIJAKAN REDAKSIONAL PADA TIMES INDONESIA)

  • ASMARANI HANA FIRDAUSI
  • VINDA MAYA SETIANINGRUM

Abstract

Kondisi maraknya penyebaran informasi dan pemberitaan dengan pendekatan negatif seperti berita tentang kesengsaraan, provokatif dan hoax menimbulkan dampak pada tergerusnya kepercayaan di masyarakat. Oleh karenanya, kini diperlukan upaya pengembalian kembali adanya sikap optimisme melalui sajian berita-berita yang beraspek positif salah satunya dengan beralih dari paradigma bad news is a good news menuju paradigma good news is also news. Melalui strategi dan teknik penulisan yang dirumuskan oleh TIMES Indonesia, media tersebut hadir dengan tujuan untuk menjadi media yang berkontribusi dalam membangun kembali ketahanan informasi nasional melalui sajian berita yang beraspek positif. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan jurnalisme positif yang diterapkan oleh TIMES Indonesia dilakukan dengan memainkan pengambilan angle cerita sehingga dapat menghasilkan produk berita positif yang memiliki aspek lingkup yang luas. Dalam penerapannya, jurnalisme positif didukung oleh faktor-faktor pengaruh yang diidentifikasi melalui teori hirarki pengaruh isi media yang menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam mendukung penerapan jurnalisme positif ialah faktor pengaruh rutinitas media, faktor organisasi, dan faktor ideologi.

Kata Kunci : Jurnalisme Positif, Kebijakan Redaksi, Media Online, Faktor Pengaruh Isi Media.

Published
2018-12-28
How to Cite
HANA FIRDAUSI, A., & MAYA SETIANINGRUM, V. (2018). PENERAPAN JURNALISME POSITIF DALAM MEDIA ONLINE (STUDI KEBIJAKAN REDAKSIONAL PADA TIMES INDONESIA). The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26418
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 247