STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN BATIK JAWA TIMUR (Studi Kasus pada ‘Komunitas Batik Jawa Timur’ atau ‘KIBAS’)

  • Diva Nadiastiti Audina
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Komunitas Batik Jawa Timur dalam mempromosikan batik Jawa Timur dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran dan konsep komunikasi pemasaran terpadu. Dalam penelitian ini narasumber yang dipilih berjumlah 4 orang yang diketahui memiliki peranan penting di dalam Komunitas Batik Surabaya. Lokasi penelitian dilakukan di kantor sekretariatan KIBAS yakni di Universitas Kristen Petra, Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, dan studi dokumenter. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui tiga tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, Komunitas Batik Jawa Timur melakukan berbagai program kegiatan dalam bentuk edukasi dan sosialisasi berupa (1) pameran, (2) kunjungan ke daerah perbatikan di Jawa Timur, (3) Seminar dan pelatihan membatik serta, (4) Eksplorasi batik melalui para kolektor yang ditujukan khususnya kepada masyarakat dan pengrajin batik. Komunitas Batik Jawa Timur menggunakan iklan dalam bentuk media cetak dan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp sebagai wadah untuk mempromosikan dan mengenalkan kepada masyarakat mengenai batik lokal khas Jawa Timur. Dalam komunitas ini, Humas berperan penting dalam membantu kelancaran jalannya program kegiatan agar strategi yang dilakukan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya Jawa Timur.

Published
2019-01-09
How to Cite
Nadiastiti Audina, D., & SARI SUKARDANI, P. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMPROMOSIKAN BATIK JAWA TIMUR (Studi Kasus pada ‘Komunitas Batik Jawa Timur’ atau ‘KIBAS’). The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26511
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 132