KRITIK DAN REALITAS SOSIAL DALAM MUSIK (ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU KARYA IKSAN SKUTER "LAGU PETANI")

  • YASIN FADILAH
  • GILANG GUSTI AJI

Abstract


Abstrak

Musik merupakan salah satu produk komunikasi, dan produk komunikasi pasti selalu membawa sebuah pesan. Musik dalam penelitian ini tidak hanya sekedar menyampaikan sebuah pesan, namun juga membawa sebuah misi di mana misi itu sendiri merupakan sebuah penyampaian informasi kepada masyarakat tentang peristiwa di sekitar yang perlu disadari oleh masyarakat. Musik dianggap sebagai media yang ampuh dalam menyampaikan kritik dan realitas sosial yang diciptakan secara jujur dan benar-benar terjadi di masyarakat. Hal itulah yang juga dilakukan Iksan Skuter dan menjadi fokus penelitian ini mengenai lagu ciptaannya yang berjudul “LaguPetani”. Lagu tersebut dalam liriknya digunakan Iksan Skuter untuk menyampaikan kritik dan realitas sosial yang terjadi mengenai keresahan para petani yang dirampas ruang hidupnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana kritik dan realitas sosial yang terkandung dalam lirik lagu karya Iksan Skuter yang berjudul “Lagu Petani”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Wacana Kritis dan paradigm kritis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dari berbagai sumber. Dalam teknik analisis data yang dilakukanya itu menggunakan model analisis wacana model Van Dijk yang menggabungkan tiga dimensi yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa realitas sosial wacana dalam lirik “Lagu Petani” adalah terjadinya permasalahan konflik agraria yang terjadi di Indonesia. Iksan Skuter memandang terjadinya konflik agrarian membuat petani semakin dimiskinkan secara sistem oleh korporasi besar, Karena konflik agraria di Indonesia semakin banyak, semakin sistematis, dan agresif. Melalui wacana yang disampaikan melalui “Lagu Petani”, Iksan mengajak masyarakat untuk melawan sistem korporasi besar dengan melakukan gerakan-gerakan yang lebih memodernisasi dan membangkitkan kondisi petani. Wacana yang berkembang dalam masyarakat menunjukkan bahwa dalam konflik agrarian sering kali menggunakan kekerasan karena adanya praktik kekuasaan yang dilakukan oleh elit penguasa. Dalam praktik kekuasaan, media massa juga mampu dipengaruhi oleh elit penguasa dalam membangun opini masyarakat.

Kata kunci: AnalisisWacanaKritis, Musik, Kritikdan RealitasSosial, KonflikAgraria


Abstract

Music is also one of the products of communication, and product communication always brings a message. Music in research does not only presenting a message, but it also brings a mission in which the mission is a representation of the surrounding events that the community needs to be aware of. Music is considered as a powerful medium in conveying criticism and social reality that is honestly created in society. That was also inline with IksanSkuter research about music, which is regarding with the song that entitled "Lagu Petani", that song is used to convey the criticism and social reality happened about the agitation of the farmers’ life which were deprived. The aim of this research is to find out the criticisms and social realities contained in Iksan Skuter’s song which entitled "Lagu Petani". This study uses qualitative approaches with the method of critical discourse analysis and paradigmatic. The data is collected through interviews and documentation from various sources. To analysis the data the ressearcher used Van Dijk discourse analysis that combines the three dimensions of the text, such as social cognition and social cognition. The results of this research shows that the representation of the lyrics of “Lagu Petani” is about the view of social reality in terms of the conflict in Indonesia. Iksan Skuter views that there are many agrarian conflicts which is created by corporationswhich make thefarmer become poorer it is becausethen conflicts in Indonesia are increasingly numerous systematic and, increasingly aggressive. Through the discourse conveyed in the “Lagu Petani” song Iksan invites the community to carry out the system of collaboration with actions to modernize and raise the farmers’ condition. The discourse that developed in the community shows that conflict is often used by violence because of the practice of power exercised by elite elites. In power practice, the mass media is also able to be influenced by elites who are developing the community.

Keywords: Critical Discourse, Analysis, Music, Criticism and Social Reality, Agrarian Conflict


Published
2019-02-06
How to Cite
FADILAH, Y., & GUSTI AJI, G. (2019). KRITIK DAN REALITAS SOSIAL DALAM MUSIK (ANALISIS WACANA KRITIS PADA LIRIK LAGU KARYA IKSAN SKUTER "LAGU PETANI"). The Commercium, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26971
Abstract Views: 396
PDF Downloads: 542