Konsep Diri Perempuan Pekerja Kuli Bangunan Di Kota Surabaya

  • RANISTYA PUTRI CAHYAWATI
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Penelitian ini berfokus mengenai konsep diri pada perempuan pekerja kuli bangunan di Kota Surabaya dalam memandang diri dan pada masa yang akan datang untuk menjaga kestabilan ekonomi. Terkadang dalam hal ini perempuan ikut berperan andil dalam mengatur sebuah kestabilan ekonomi pada suatu keluarga, sepertinya sudah tidak asing lagi bila pendapatan dan pengeluaran di kelola oleh seorang istri atau ibu. Tidak jarang pula mereka bekerja hanya untuk mencari uang tambahan guna membantu para suami dan demi kestabilan ekonomi pada keluarga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara yang mendalam dengan informan. Analisis dari penelitian ini menggunakan konsep diri milik George Herbert Mead dengan konsep dasar mengenai adanya pengaruh dari mind(pikiran), self(diri), society(masyarakat). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri perempuan yang bekerja sebagai kuli bangunan tersebut cenderung mempunyai konsep diri yang positive(baik) mereka memang mempunyai gaya berbicara, gaya berpakaian serta kemandirian dan sikap tegas dalam menanggapi perkataan buruk dari mereka yang mencibirnya. Bagi mereka selama yang saya lakukan adalah hal baik dan bukan suatu tindakan kriminal untuk apa saya merasa malu dalam menstabilkan ekonomi pada keluarga.

Kata Kunci: Konsep Diri, Perempuan, Kuli Bangunan.

Published
2019-08-08
How to Cite
PUTRI CAHYAWATI, R., & TANDYONOMANU, D. (2019). Konsep Diri Perempuan Pekerja Kuli Bangunan Di Kota Surabaya. The Commercium, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/30130
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 745