IMPLEMENTASI COMMUNITY-BASED SOCIAL MARKETING DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI MASYARAKAT KOTA SURABAYA (Studi pada Masyarakat Kecamatan Jambangan Kota Surabaya)

  • IFTITA CHUNNIMAH QURROTUAYUNIN

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana implementasi community based social marketing dalam pelaksanaan pengelolaan sampah mandiri masyarakat khususnya di Kecamatan Jambangan. Community-based social marketing merupakan turunan dari teori Pemasaran Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari observasi dan wawancara dengan beberapa pihak seperti Pemerintah dan warga Kecamatan Jambangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah mandiri yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Jambangan sudah menerapkan langkah-langkah dalam teori community-based social marketing walaupun masih semu. Kehadiran fasilitator dan kader sebagai agen perubahan sosial adalah yang mampu mengubah perilaku masyarakat. Selain itu, kompetisi juga menjadi pendorong masyarakat mengubah perilaku pengelolaan sampah secara mandiri.

Kata Kunci: Pemasaran Sosial, Komunitas, Pengelolaan Sampah

Published
2020-01-16
How to Cite
CHUNNIMAH QURROTUAYUNIN, I. (2020). IMPLEMENTASI COMMUNITY-BASED SOCIAL MARKETING DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI MASYARAKAT KOTA SURABAYA (Studi pada Masyarakat Kecamatan Jambangan Kota Surabaya). The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31729
Abstract Views: 295
PDF Downloads: 142