NATION BRANDING: REPRESENTASI SOSIAL BUDAYA THAILAND DALAM SERIAL DRAMA “HORMONES”

  • RAFELINO ALWI DEWANTARA SIWALETTE
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

Abstract

Abstrak

Film menjadi media yang tepat dalam merepresentasikan kehidupan sosial dan mampu untuk menyampaikan pesan pada khalayak karena sifatnya yang audiovisual dan mudah untuk dicerna. Representasi adalah tanda didalam di mana media menghadirkan kembali suatu peristiwa atau realitas. Penelitian ini mengangkat sebuah isu mengenai kehidupan sosial (sosial budaya) Thailand yang direpresentasikan dalam serial drama atau film sebagai nation branding negara tersebut. Film yang menjadi objek penelitian adalah serial drama “Hormones” Season pertama, episode ke 6-7, dengan menggunakan metode segitiga makna dari teori semiotika Peirce untuk membaca setiap makna dalam tanda yang ditampilkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Thailand membranding negara nya sebagai negara Buddha terbesar, terbuka bagi kaum LGBT (surge LGBT), negara yang ramah atau santun, dan memperkenalkan wisata yang terdapat di Bangkok, yang menunjukan pariwisata masih menjadi konsep branding dari negara Thailand.

Kata Kunci: Film, Representasi, Sosial Budaya, Nation Brandin, Semiotika Pierce.

Abstract

Film becomes the right media to represent social life and is able to convey messages to the public because of its audiovisual and easy to understand. Representation is a sign in which the media presents an event or reality again. This study raises an issue regarding Thailands social (socio-cultural) life which is represented in a film or drama series as the nations “nation branding”. The film that was the object of research was the drama series "Hormones" Season 1, episodes 6-7, using the triangle meaning method from Peirces semiotic theory to read each meaning in the sign displayed. The results show that Thailand is branding its country as the largest Buddhist country, open to LGBT (LGBT Paradise), a friendly or polite country, and introducing tourism in Bangkok. Which shows that tourism is still a branding concept from Thailand.

Keywords: Film, Representation, Social Culture, Nation Branding, Pierce Semiotics.
Published
2020-02-24
How to Cite
ALWI DEWANTARA SIWALETTE, R., & SARI SUKARDANI, P. (2020). NATION BRANDING: REPRESENTASI SOSIAL BUDAYA THAILAND DALAM SERIAL DRAMA “HORMONES”. The Commercium, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/32233
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 561