STRATEGI KOMUNIKASI PELAKU GERAK PANJI MEMBENTUK PARTISIPASI KEBUDAYAAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TIMUR

  • ILAL JANATI YUMAROH
  • DANANG TANDYONOMANU

Abstract

Abstrak

Cerita Panji adalah cerita yang asli berasal dari Jawa Timur, di mana cerita tersebut kemudian menghasilkan sebuah kebudayaan yang bernama Budaya Panji. Pada dasarnya kebudayaan adalah nilai-nilai yang harus dijaga demi peradaban bangsa itu sendiri. Namun sayangnya dewasa ini generasi milenial mulai meninggalkan kebudayaan lokal. Untuk menyelamatkan eksistensi Budaya Panji terbentuklah sebuah gerakan yang bernama Gerak Panji untuk memunculkan paritisipasi kebudayaan Generasi Milenial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi pelaku Gerak Panji tersebut kepada generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga unsur pelaku Gerak Panji, yaitu Produsen Kesenian, Simpatisan Panji, dan Fasilitator. Ketiganya memiliki strategi komunikasi yang berbeda-beda, ada yang menggunakan media konvensional, digital, media massa, dan opinion leader. Selain itu pelaku Gerak Panji juga menekankan transformasi Budaya Panji agar lebih diterima oleh generasi milenial.

Kata Kunci: Budaya Panji, Gerak Panji, Milenial

Abstract

The tale of Panji is an original folklore from East Java, the tale produces a culture called Panji Culture. Basically, a culture is a social values that must be maintained for the sake of the nations civilization itself. However, the millennial generation nowadays has begun to forget local culture. To solve the issue and to save the existence of Panji Culture, a movement called Gerak Panji is formed to affect the cultural participation of Millennial. This study aims to understand how the communication strategies done by Gerak Panji’s doers will influence the millennial. This study uses a case study method by using interviews, observation, and documentation as data collection techniques. The results showed that there are three elements of Gerak Panji’s doers: Producer, Sympathizer, and Facilitator. All three have different communication strategies. Some use conventional, digital, mass media, and opinion leaders. Besides that, the agents of Gerak Panji also create a transformation in the Panji Culture so that it can be more acceptable for the millennial.

Keywords: Panji Culture, Gerak Panji, Millennial

Published
2020-05-28
How to Cite
JANATI YUMAROH, I., & TANDYONOMANU, D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PELAKU GERAK PANJI MEMBENTUK PARTISIPASI KEBUDAYAAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TIMUR. The Commercium, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/33708
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 64