ANALISIS PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN DALAM PROGRAM GENRE OLEH DINAS KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN GRESIK MELALUI PERSPEKTIF COMMUNITY-BASED SOCIAL MARKETING

  • Putri Shofi Nabilah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanan kampanye Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dalam program Generasi Berencana (GenRe) yang dilaksanakan di Kabupaten Gresik melalui perspektif community-based social marketing. Program GenRe sendiri merupakan program yang dinaungi oleh Dinas KBPPPA Kab. Gresik yang bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga untuk remaja melalui beragam pengetahuan dan pemahaman tentang pendewasan usia perkawinan sehingga remaja tersebut memiliki pertimbangan dalam melakukan pendidikan, karier, perkawinan hingga kehidupan setelah perkawinan dengan penuh perencanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada pihak-pihak yang terlibat, seperti pelaksana, penanggung jawab, mitra, dan penerima program GenRe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye pendewasaan usia perkawinan dalam program GenRe di kabupaten Gresik sudah menerapkan langkah-langkah dalam teori community-based social marketing. Proses kampanye akan lebih optimal jika koordinasi antar elemen yang terlibat dalam pelaksanaan program GenRe baik pelaksana, penanggung jawab, maupun mitra GenRe lebih terkontrol terutama ketika mengkoordinasikan setiap kegiatan yang akan dilakukan sehingga pelaksanan kampanye lebih dinamis. Kata kunci : GenRe, PUP, Komunitas, Kampanye Sosial
Published
2021-07-21
Section
Artikel Ilmiah IKOM