PERSEPSI ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KONTEN HIBURAN DI YOUTUBE (STUDI KASUS REMAJA USIA 13-15 TAHUN DI TPQ NURUL AHYA PAGESANGAN SURABAYA)

  • Raden Bimo Barito Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di zaman modern, media baru telah membawa banyak perubahan sosial yang berdampak pada pola pikir dan perilaku manusia. Pengguna media sosial sangat beragam termasuk para anak-anak dan remaja yang sangat rentan mengalami perubahan perspektif dan kegiatan berkomunikasi berdasarkan informasi visual yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi penggunaan aplikasi Youtube dari sudut pandang orang tua dan anak usia 13-15 tahun di TPQ Nurul Ahya Pagesangan Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa TPQ Nurul Ahya Pagesangan. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara mendalam dan data yang diperoleh diolah dengan metode analisis Miles dan Huberman. Dari penelitian ini diperoleh analisis bahwa anak usia 13-15 tahun menyatakan bahwa Youtube banyak memberikan manfaat bagi mereka. Namun demikian, karena keberagaman jenis konten yang tersedia di aplikasi Youtube, orang tua perlu melakukan komunikasi efektif, pengawasan dan edukasi kepada anak agar anak dapat membedakan hal yang pantas ditiru dan tidak untuk anak seusia mereka.
Published
2021-07-29
How to Cite
Barito, R. (2021). PERSEPSI ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP KONTEN HIBURAN DI YOUTUBE (STUDI KASUS REMAJA USIA 13-15 TAHUN DI TPQ NURUL AHYA PAGESANGAN SURABAYA). The Commercium, 4(3), 39-50. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/42336
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 490
PDF Downloads: 482