EFEKTIVITAS MEDIA INSTAGRAM @ITTELKOMSURABAYA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA

Authors

  • Geraldin Dona Caesarina mahasiswi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.45468

Abstract

Media sosial sebagai salah satu bentuk perkembangan dunia digital memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi setiap orang. Di dunia bisnis, media sosial tidak hanya menjadi sarana informasi dan komunikasi, tetapi yang terpenting juga menjadi media pemasaran yang efektif. Institut Teknologi Telkom Surabaya juga memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pemasarannya, salah satunya adalah Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas yang telah disesuaikan dengan konsep 4C Media Instagram oleh Chris Heuer yang meliputi Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey terhadap 286 responden yang merupakan mahasiswa baru Institut Teknologi Telkom Surabaya tahun ajaran 2021/2022. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji TCR pada setiap indikator variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram @ittelkomsurabaya sangat efektif sebagai media pemasaran yang ditunjang oleh beberapa faktor antara lain penggunaan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti dalam pengemasan informasi, konsistensi jadwal upload konten, pencantuman kontak call center pada bio akun Instagram, dan pemanfaatan postingan mengenai inovasi serta keunggulan Institut Teknologi Telkom Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan Institut Teknologi Telkom Surabaya dapat meningkatkan intensitas balasannya melalui kolom komentar maupun Direct Message, serta membuat evaluasi rutin dalam pemanfaatan Instagram untuk mengetahui efektivitasnya sebagai salah satu media pemasaran Institut Teknologi Telkom Surabaya. Kata kunci: Efektivitas, Media Instagram

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Caesarina, G. D. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA INSTAGRAM @ITTELKOMSURABAYA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA. The Commercium, 5(1), 182–192. https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.45468

Issue

Section

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 330 , PDF Downloads: 638