PROMOTIONAL MIX GAJAH MADA CULINARY CENTER SIDOARJO

Authors

  • Ivan Permana Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Tatak Setiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.59328

Keywords:

Culinary Center, Promotional Mix, Promotional Obstacles

Abstract

Promosi merupakan salah satu aktivitas penting dalam kegiatan pemasaran suatu pelaku usaha dengan menggunakan berbagai model kegiatan penyampain informasi serta bertujuan menambah jumlah penjualan. Hal serupa juga dilakukan oleh sentra kuliner Gajah Mada di bawah naungan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Sidoarjo. Namun, masih ditemukan beberapa fenomena tarkait ativitas promosi pada sentra kuliner Gajah Mada berdasarkan wawancara, penelitian sebelumnya serta rekomendasi dari pihak Dinkopum Sidoarjo dan beberapa komite sentra kuliner Gajah Mada Sidoarjo seperti jumlah pengunjung yang dirasa masih sepi, menurunya omset para pedagang dibanding saat berjualan di jalanan dan promosi yang kurang optimal. Ditemukan hasil penelitian yakni sentra kuliner Gajah Mada Sidoarjo telah melakukan beberapa kegiatan bauran promosi antara lain, pembenahan pelayanan penjualan personal, event rest area, pengadaan live music, mengundang influencer, memanfaatkan media sosial, menerapkan diskon, penanganan isu jam dagang dan sanitasi, serta pemasangan baliho menu informatif. Adapun kendala dalam menjalankan aktivitas promosi yakni, kurangnya daya saing SDM sentra kuliner dalam pemasaran digital dan diskon, evaluasi jam dagang, terjadi penipuan dan belum adanya audit data secara kolektif satu sentra kuliner.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Putra, I. P., & Setiadi, T. (2024). PROMOTIONAL MIX GAJAH MADA CULINARY CENTER SIDOARJO. The Commercium, 8(1), 161–171. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.59328
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 40