ANALISIS RESEPSI GEN Z PEREMPUAN SURABAYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK PAKAIAN MUSLIM DI LIVE TIKTOK SHOP

Penulis

  • Yazz Daniar Izzah Salsabilah Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.60168

Kata Kunci:

Live Tiktok Shop, Resepsi, Produk Pakaian Muslim

Abstrak

Saat ini media sosial memiliki fungsi yang beragam, salah satu fungsinya yaitu dapat membantu dalam
dunia jual beli, media sosial yang dipilih dalam penelitian ini yaitu platform media sosial tiktok shop dengan
fitur live shopping yang dimilikinya. Bagaimana pandangan khalayak terhadap live tiktok shop dengan
penjualan produk pakaian muslim didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan teori resepsi milik Stuart Hall. Teori ini menjelaskan bagaimana sebuah tayangan media
dapat mempengaruhi penontonnya hingga dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, Dominan, Negosiasi
dan Oposisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara mendalam.
Khalayak yang dipilih yakni generasi Z wanita kota Surabaya, bagaimana khalayak menerima serta
memaknai penayangan live tiktok shop dengan penjualan produk pakaian muslim didalamnya, hasilnya
terdapat khalayak yang setuju serta menerima baik secara keseluruhan, terdapat khalayak yang menerima
tetapi dengan pertimbangan, dan terdapat khalayak yang tidak setuju dan tidak menerima baik terhadap
adanya live tiktok shop dengan penjualan pakaian muslim

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-06

Cara Mengutip

Salsabilah, Y. D. I., & Sukardani, P. S. (2024). ANALISIS RESEPSI GEN Z PEREMPUAN SURABAYA TERHADAP PENJUALAN PRODUK PAKAIAN MUSLIM DI LIVE TIKTOK SHOP. The Commercium, 8(2), 26–37. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.60168

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 152