PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI RRI DIGITAL TERHADAP MINAT DENGAR DI RADIO REPUBLIK INDONESIA

Penulis

  • Yulia Putri Sulistya Universitas Negeri Surabaya
  • Jauhar Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.61330

Kata Kunci:

RRI Digital, Radio Republik Indonesia, Uses and Gratifications

Abstrak

Radio Republik Indonesia terus berupaya untuk tetap bertransformasi di era digital dengan terus mengembangkan aplikasi radio streaming RRI Digital yang menjadikan RRI berbeda dengan radio lainnya. Pada RRI Digital pengguna diberikan piihan untuk mengakses konten yang sesuai dengan keinginan, kepentingan, dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu pengguna media memiliki motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Motif penggunaan media perlu dipertanyakan apakah motif tersebut dapat terpuaskan setelah mengakses media tersebut. Hal ini sesuai dengan teori Uses and Gratifications, yang menyatakan bahwa khalayak secara aktif memilih media yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah dilakukan rebranding, program yang dahulu bernama RRI Play Go kini berganti nama menjadi RRI Digital. Pengguna program ini dapat dengan cepat mengakses berita, musik, podcast, dan siaran RRI di seluruh Indonesia kapan saja dan dari lokasi mana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat mendengarkan Radio Republik Indonesia dipengaruhi oleh alasan di balik penggunaan aplikasi RRI Digital. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan pendekatan sampel purposif dengan memilih 100 responden untuk survei dengan menggunakan teknik analisis regresi linier dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat mendengarkan Radio Republik Indonesia dipengaruhi oleh alasan yang melatarbelakangi penggunaan aplikasi RRI Digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tosepu, Yusrin Ahmad. (2018). Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Abdullah, A. (2020). Pola Kebijakan Digitalisasi Penyiaran di Indonesia. ARISTO, 8(1), 82-103.

Annisa, T. (2022). Analisis Manajemen Produksi Program Siaran Pendidikan Kesehatan di Radio SAI 100 FM Lampung (Studi pada Program Siaran Streaming Acara Dokter Kita).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Burnett, R., & Marshall, P.D. (2021). Web Theory: An Introduction. London: Routledge.

Koyana, D. Y., & Rohmawati, Y. I. (2023). Komunikasi Egaliter Sebagai Strategi Komunikasi Organisasi RRI Jakarta Pro 4 di Era Penyiaran Digital. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 87-99.

Rohanudin, M. (2014). RRI Play Strategi Memenangkan Persaingan Global. Yogtakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Diterbitkan

2024-06-27

Cara Mengutip

Sulistya, Y. P., & Wahyuni, J. (2024). PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI RRI DIGITAL TERHADAP MINAT DENGAR DI RADIO REPUBLIK INDONESIA. The Commercium, 8(2), 79–86. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.61330

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 224 , PDF Downloads: 249