ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN “INDONESIA BANGKIT BERSAMA GOJEK, GOPAY, DAN TOKOPEDIA” DALAM MENGKONSTRUKSI SOLIDARITAS EKONOMI UMKM
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63184Keywords:
Semiotika Roland Barthes, Iklan, UMKM, Solidaritas EkonomiAbstract
Dalam iklan Gojek yang berjudul “Indonesia Bangkit Bersama Gojek, Gopay, dan Tokopedia” merupakan bentuk kontribusi Gojek sebagai penyedia jasa transportasi, pengiriman makanan, dan transaksi keuangan untuk mendukung usaha lokal melalui kampanye ekonomi solidaritas dalam menghadapi kondisi maupun persaingan ekonomi secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peran strategis iklan sebagai media komunikasi yang tidak hanya memperluas jangkauan produk dan jasa, tetapi juga membangun solidaritas ekonomi pada UMKM di Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu prinsip solidaritas ekonomi dalam iklan Gojek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Hasl dari penelitian ini pada iklan “Indonesia Bangkit Bersama Gojek, Gopay dan Tokopedia” menunjukkan bagaimana kolaborasi antara pelaku UMKM, penyedia layanan jasa, dan konsumen tidak hanya meningkatkan visibilitas dan penjualan UMKM melalui platform digital, tetapi juga memperkuat kapasitas manajerial dan ketahanan bisnis mereka. Secara keseluruhan, iklan ini merepresentasikan komitmen untuk membangun ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dengan memanfaatkan media untuk mempengaruhi dan menginspirasi masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi global.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

