STRATEGI HUMAS DPD PARTAI GOLONGAN KARYA JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN CITRA ORGANISASI PADA PEMILU 2024
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66539Keywords:
Strategi Humas, Citra Partai, Komunikasi Politik, Pemilu 2024, Partai GolkarAbstract
Penelitian ini membahas strategi hubungan masyarakat (humas) yang diterapkan oleh DPD Partai Golkar Jawa Timur dalam upaya meningkatkan citra organisasi pada Pemilu 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kepercayaan publik terhadap partai politik dan perlunya strategi komunikasi yang efektif guna menarik simpati masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPD Partai Golkar Jawa Timur menerapkan strategi humas berbasis Four Steps of Public Relations yang meliputi pencarian fakta, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi dengan masyarakat dan membangun citra positif partai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kajian komunikasi politik dan menjadi referensi bagi partai politik dalam merancang strategi humas yang lebih efektif.
Downloads
References
Annur, C. M. (2022, Juli 13). Berapa banyak warga yang percaya partai politik? Ini hasil surveinya. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/politik/statistik/693e42dc80783ce/berapa-banyak-warga-yang-percaya-partai-politik-ini-hasil-surveinya
Apriyanti, D. (2009). Humas dalam strategi kampanye partai politik. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 9(2), 16–25.
Budiardjo, M. (1993). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia.
Bungin, B. (2006). Metode penelitian kualitatif. RajaGrafindo Persada.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2000). Effective public relations (9th ed.). Prentice Hall.
Dwidjowinoto, W. (2002). Kesahihan pengamatan dan wawancara. Surabaya: UNS.
Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The marketer’s guide to public relations in the 21st century. Recording for the Blind & Dyslexic.
Katadata. (2020, Maret 24). Perolehan suara Golkar capai titik terendah pada Pemilu 2019. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed_en/142782/perolehan-suara-golkar-capai-titik-terendah-pada-pemilu-2019
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur. (2024). Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat provinsi Jawa Timur. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur. https://jatim.kpu.go.id/page/read/rekapitulasi-hasil-penghitungan-perolehan-suara-pemilu-tahun-2024-tingkat-provinsi-jawa-timur
Komisi Pemilihan Umum. (2024). Berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024. https://sirekap-obj-formd.kpu.go.id
Lukman Fauzi Abdillah, L. (2013). Strategi humas Partai Golongan Karya dalam meraih dukungan massa menuju Pemilu 2014. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Pajri, R. (2022). Strategi komunikasi politik DPD Partai Golkar dalam membangun brand image Golkar Bangkit di Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Puskapol UI. (2020, Januari 7). Data DPRD Provinsi terpilih 2019 – Jawa Timur. https://www.puskapol.ui.ac.id/data-dprd-provinsi-terpilih-2019-jatim
Ruslan, R. (2003). Metode penelitian PR dan komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Subagyo. (1991). Metode penelitian dalam teori dan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wasesa, S. A. (2013). Political branding & public relations. Gramedia Pustaka Utama.
Yin, R. K. (1997). Studi kasus: Desain dan metode (terjemahan). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

