PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA STERILISASI PADA KUCING

  • ANITA FIRDAUS
  • MEIRINA LANI ANGGAPUSPA

Abstract

Perancangan ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman serta kepedulian akan sterilisasi pada kucing yang belum menjangkau masyarakat secara menyeluruh. Adanya iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang diharapkan dapat mengedukasi serta persuasif tentang tanggung jawab serta pentingnya sterilisasi pada kucing, juga berbagai akibat dan pengaruh apabila tidak terlaksananya sterilisasi. Proses perancangan berangkat dari potensi dan masalah yang ada, kemudian dilanjutkan dengan hasil pembahasan data observasi yang mana akan mengarahkan pada rencana rancangan produk. Hasil rancangan poduk kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan thumbnail desain yang mana akan disediakan 3 thumbnail per desain produk. Kemudian dilanjutkan dengan tight tissue, yang mana hasilnya berupa desain yang telah terpilih dari bentuk thumbnail. Terakhir adalah hasil desain atau final desain yang akan di eksekusi atau dipakai dalam proses perancangan ILM tersebut. Media yang digunakan berupa poster sebagai media utama, kemudia ditambahkan beberapa media pendukung. Konsep yang digunakan yakni folk illustration yang diharapkan dapat memberi hasil karya yang sesuai dengan tema perancangan. Dengan demikian, informasi dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh masyarakat khususnya pemelihara dalam menjaga kelangsungan hidup kucing.

Kata kunci: Iklan, iklan layanan masyarakat, sterilisasi, kucing

Published
2020-01-20
How to Cite
FIRDAUS, A., & LANI ANGGAPUSPA, M. (2020). PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA STERILISASI PADA KUCING. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/31799
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 193