PERANCANGAN BOARD GAME “HOAX OR TRUE” UNTUK MENINGKATKAN KEWASPADAAN REMAJA TERHADAP BERITA

  • INTAN ZUHROH AZIZAH
  • HENDRO ARYANTO

Abstract

Teknologi membuat informasi dengan mudah tersebar dengan cepat, namun, seiring dengan mudahnya persebaran informasi tersebut, siapapun dapat menyebarkan informasi maupun berita yang tidak benar atau hoax. Tingginya angka berita hoax dibuktikan dengan survey yang dilakukan Mastel tahun 2019 pada 941 responden, 14,7% responden melihat berita hoax lebih dari satu kali perhari sedangkan 34,6% responden melihat berita hoax setiap hari. Dari semua media yang ada, social media adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menyebarkan berita hoax, sedangkan, pengguna social media sendiri pada umumnya didominasi oleh remaja. Itulah kenapa, kewaspadaan remaja perlu ditingkatkan agar remaja tidak mudah mempercayai berita yang tersebar. Peneliti menggunakan metode 5w1h untuk melakukan investigasi dan penelitian terhadap masalah, sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, kuisioner, post test dan pre test. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa media yang tepat untuk meningkatkan kewaspadaan remaja, salah satunya adalah board game. Sebuah board game berjudul “hoax or true” dirancang dengan mekanik deck building, memorizing, hand management dan player elimination. Board game ini menggunakan metode game based learning dengan materi pembelajaran ciri-ciri berita hoax. Setelah hasil post test dan pre test di komparasikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa board game "hoax or true" dapat dinilai dapat memberikan edukasi ciri-ciri berita hoax, serta dapat membantu meningkatkan kewaspadaan remaja.

Kata Kunci: hoax, edukasi, board game, game based learning

Published
2020-01-20
Section
Articles