PERANCANGAN PAPERCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1

  • M IQBAL WAHYUDIN
  • TRI CAHYO KUSUMANDYOKO

Abstract

Tujuan dari Perancangan ini adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran membaca untuk siswa kelas rendah. Media yang akan dirancang kali ini berupa media pembelajaran berbentuk 3D yang menarik, komunikatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas dasar. Perancangan media pembelajaran ini di buwat di karnakan siswa-siswi kelas dasar kelas satu Mi Nurul Huda sebagian besar belum bisa membaca dengan lancar. Sebelum membuat media papercraft, yang dilakukan adalah menganalisis target audiens dari media pembelajaran. Barulah membuat desain atau gambaran, setelah menbuat desain dilanjutkan dengan developing atau pengembangan desain ke bentuk 3D dengan aplikasi 3D. Dari tahap pengembangan di lanjut dengan Implementasi atau mewujudkan karya ke bentuk yang diinginkan. Tahap yang terahir adalah tahap evaluasi, runtutan proses ini disebut dengan tahap ADDIE. Dari alur atau proses di atas tadi barulah terbentuk media pembelajaran papercraft sebagai media pembelajaran membaca.

Kata Kunci: media pembelajaran, membaca, papercraft, perancangan, pembelajaran.

Published
2020-01-20
How to Cite
IQBAL WAHYUDIN, M., & CAHYO KUSUMANDYOKO, T. (2020). PERANCANGAN PAPERCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/31808
Section
Articles
Abstract Views: 185
PDF Downloads: 212