KAJIAN SEMIOTIKA VIDEO MUSIK BERJUDUL INSTAGRAM OLEH DEAN

  • Ira Wijayanti
  • Meirina Lani Anggapuspa

Abstract

Video musik adalah sebuah karya gambar bergerak yang mendampingi sebuah lagu agar sebuah pesan dapat tersampaikan kepada khalayak umum. Video musik berperan penting bagi musisi untuk media promosi dan marketing pada sebuah lagu. Sebuah video musik akan dikatakan berhasil ketika pesan dapat diterima dan sekaligus menggugah emosi para penontonnya. Oleh karena itu penelitian ini mengangkat sebuah video musik yang berjudul “Instagram” oleh penyanyi Korea Selatan bernama Dean (Kwon Hyuk) yang diunggah pada kanal YouTube miliknya. Dalam video musik “Instagram” digambarkan fenomena dari efek kecanduan media sosial khususnya Instagram yang dapat menurunkan kesehatan mental dan menyebabkan timbulnya sifat psikopatologi khususnya bagi pengguna aktif usia remaja. Berbeda dengan video musik yang beredar di Korea Selatan yakni K-Pop pada umumnya, video musik “Instagram” menggunakan pendekatan emosional dengan munculnya tanda-tanda yang berupa simbol dan ikon yang memiliki sebuah interpretasi pesan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk mengkaji tanda yang terkandung dalam visualisasi video musik “Instagram”. Pengkajian semiotika juga memperhatikan teori-teori desain yang nampak, dengan menggunakan paradigma konstruktif diharapkan tanda yang tersaji dalam video musik “Instagram” dapat dikaji dengan fenomena yang terjadi di masyarakat masa kini tentang dampak negatif penggunaan media sosial yang berlebihan khususnya pada remaja. Kata Kunci: Semiotika, Video Musik, Instagram, K-pop
Published
2020-08-06
How to Cite
Wijayanti, I., & Anggapuspa, M. (2020). KAJIAN SEMIOTIKA VIDEO MUSIK BERJUDUL INSTAGRAM OLEH DEAN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(1), 82-97. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35650
Section
Articles
Abstract Views: 337
PDF Downloads: 567