KAJIAN FOTO KONSEP ALBUM LOVE YOURSELF: ANSWER VERSI S OLEH BANGTAN SEONYEONDAN BTS

  • Maura Safina
  • Tri Cahyo Kusumandyoko

Abstract

K-Pop adalah produk ekspansi asal Korea Selatan yang disebut juga dengan Hallyu atau Korean Wave. Grup idola Bangtan Seonyeondan (BTS) merupakan salah satu contoh kelompok yang paling sukses dari produk tersebut. BTS memproduksi dan menulis lagu yang berpusat pada tema seputar masa muda dan berbagai macam pesan melek-sosial lainnya. Salah satu album mereka yaitu Love Yourself: Answer menyertakan sekumpulan karya fotografi yang memuat keseluruhan tema dari album itu sendiri. Kumpulan karya fotografi ini lebih umum dikenal dengan sebutan foto konsep. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti berbagai macam penanda yang tersirat dalam foto konsep album Love Yourself: Answer versi S. Dikarenakan oleh beragam referensi kultural yang ditemukan dalam pembahasan, teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai pedoman proses berpikir dari analisis. Hasil dari kajan ini menampilkan bahwa BTS menyampaikan persepsi mereka terhadap diri mereka sendiri sebagai sekumpulan martir, penolakan terhadap toxic masculinity, kritik terhadap perlakuan media, dan proses self-love. Kesimpulan ini dapat dilihat melalui analisis semiotika yang digunakan pada elemen-elemen foto konsep yaitu background, ekspresi, kostum serta properti yang dianalisis dengan menggunakan beberapa teori seperti teori warna, teori filosofis tubuh manusia, serta teori ekspresi. Ketiga objek bahasan tersebut merupakan fokus utama dari penelitian artikel ini. Kata Kunci: K-Pop, BTS, foto konsep, Love Yourself: Answer versi S, Analisis Semiotika
Published
2020-08-06
How to Cite
Safina, M., & Kusumandyoko, T. (2020). KAJIAN FOTO KONSEP ALBUM LOVE YOURSELF: ANSWER VERSI S OLEH BANGTAN SEONYEONDAN BTS. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(1), 123-136. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35654
Section
Articles
Abstract Views: 535
PDF Downloads: 502