PERANCANGAN BOARDGAME BAHASA JERMAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS

  • Novianti Susilo Rini
  • Hendro Aryanto

Abstract

Jerman merupakan salah satu negara di Uni Eropa (UE) yang paling pesat perkembangannya dalam bidang teknologi, ekonomi, dan bisnis. Negara Jerman dan beberapa negara di Eropa yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar utamanya, maka dari itu bahasa Jerman dapat menjadi modal utama agar bisa berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan baik. Di Indonesia bahasa Jerman menjadi salah satu bahasa yang diajarkan secara formal maupun informal pada jenjang pendidikan dibeberapa Sekolah Menengah Atas (SMA), selain karena banyak sekali beasiswa dan pekerjaan menarik di Jerman, kerjasama dalam lingkup global untuk mengimbangi kemajuan zaman juga sangat diperlukan. Maka dari itu penting sekali untuk belajar bahasa Jerman, keberhasilan dalam mengajaran bahasa Jerman dipengaruhi oleh metode yang gunakan untuk menarik minat siswa agar semangat dan mudah dalam belajar bahasa Jerman. Salah satu media kreatif dalam belajar adalah dengan menggunakan board game. Board game adalah media yang menarik untuk belajar selain itu board game juga dapat menjalin interaksi sosial, membuat semangat siswa dalam belajar, meningkatkan suasana belajar, dan kedisiplinan. Perancangan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan media belajar siswa SMA dalam belajar bahasa Jerman, dalam perancangan ini menggunakan metode design thinking dan metode analisa 5W1H untuk mendukung hasil perancangan agar sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Media pembelajaran, bahasa Jerman, board game
Published
2020-08-10
How to Cite
Rini, N., & Aryanto, H. (2020). PERANCANGAN BOARDGAME BAHASA JERMAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(2), 1-12. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35750
Section
Articles
Abstract Views: 157
PDF Downloads: 196