BUKU ILUSTRASI ANTIRASISME ETNIS TIONGHOA-JAWA UNTUK USIA 6–8 TAHUN DI SURABAYA

  • Isnina Haryani Hasanah
  • Martadi Martadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan perilaku toleransi pada diri anak melalui buku ilustrasi antirasisme etnis Tionghoa-Jawa. Sehingga anak dapat belajar cara menyikapi keberagaman dengan lebih bijak. Subjek perancangan adalah anak rentang usia 6–8 tahun. Perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain: analisis data, desain produk, pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba terbatas. Pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Konsep perancangan desain dikemas berupa buku ilustrasi aktivitas-komparasi, agar anak dapat lebih mudah dalam mengenal keberagaman. Konteks cerita dibawakan oleh dua anak sekolah dasar dari etnis Tionghoa dan etnis Jawa. Pengenalan etnisitas disampaikan sebatas perbedaan fisik menyesuaikan dengan kemampuan kognitif anak usia 6–8 tahun. Rancangan awal kemudian diuji coba kepada ahli dan praktisi untuk dikembangkan ke dalam bentuk final yang lebih efektif dan layak. Hasil validasi menunjukkan bahwa perancangan buku layak digunakan, ditunjukkan dari aspek: a) kelayakan tema/pesan didapatkan hasil 50% menyatakan tema yang diangkat baik dan 50% sangat baik, b) kontek ceritera validator menilai 50% konteks cerita baik dan 50% menyatakan sangat bagus dan sederhana, c) aspek ilustrasi menunjukkan 75% dinilai baik dan 25% sangat baik, d) aspek kelayakan bahasa diperoleh hasil 50% bahasanya baik dan 50% sangat baik, dan e) aspek kelayakan warna menunjukkan 20% warna yang digunakan baik dan 80% sangat baik. Kata kunci: Buku ilustrasi anak, antirasisme, keberagaman.
Published
2020-08-12
How to Cite
Hasanah, I., & Martadi, M. (2020). BUKU ILUSTRASI ANTIRASISME ETNIS TIONGHOA-JAWA UNTUK USIA 6–8 TAHUN DI SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(2), 127-140. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35901
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 162