PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS 5

  • Galuh Meidaluna
  • Meirina Lani Anggapuspa

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 yang terbilang baru menjadikan guru dan para muridnya merasa kesusahan. Beberapa guru kurang paham dengan konsep pendekatan Scientific, keterampilan guru merancang RPP juga kurang memadai, banyak guru yang kurang menguasai penilaian autentik, dan terlalu banyak materi yang perlu dikuasai siswa menjadikan beban belajar siswa dan guru jadi terlalu berat. Salah satu efeknya adalah pada pembelajaran SBdP, terutama pada pembelajaran Tari Tradisional. Pada pembelajaran Tari Tradisional terdapat materi praktek dan teori tetapi hanya terbatas pada beberapa tarian saja, jadi muridmurid masih kurang memahami dan menghafal dari mana saja tarian tersebut berasal. Guru menyadari dengan kondisi seperti itu maka diperlukan media pendukung lain yang dapat menunjang pembelajaran untuk lebih mengenal Tari Tradisional di Indonesia. Salah satu caranya dengan menggunakan metode penelitian seperti penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk membuat media permainan seperti Board game. Perancangan Board game ini mempunyai target audience yaitu murid dengan usia 11-13 tahun atau murid kelas V SD. Dari hasil konsep, proses dan visualisasi perancangan ini terbentuklah Board game yang berjudul “Yuk! Kita Menari”. Melalui Board game ini murid-murid diajak memahami berbagai macam Tari Tradisional yang ada di Indonesia. Diharapkan melalui Board game ini, penyampaian edukasi tidak membosankan dan mudah dipahami oleh murid. Kata Kunci: board game, Tari Tradisional, siswa.
Published
2020-08-14
How to Cite
Meidaluna, G., & Anggapuspa, M. (2020). PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS 5. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(2), 166-183. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35989
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 541