PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE DIET PLANET SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN SAMPAH MAKANAN

Authors

  • Annisa Nurul Kariymah
  • Muhamad Ro'is Abidin

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v1i2.35990

Abstract

Indonesia ada di posisi nomor dua dalam penyumbang sampah makanan di dunia. Dalam setahun Indonesia bisa menghasilkan sampah makanan dengan total mencapai 1,3 juta ton per tahun. Sebagian besar sampah makanan tersebut adalah sayuran. Masih rendahnya minat konsumsi sayuran terutama di kalangan remaja membuat banyak sayuran yang terbuang percuma. Dengan demikian penelitian ini ingin mengedukasi para remaja untuk lebih menghargai makanan lewat kampanye Diet Planet. Perancangan ini diawali dengan mencari informasi terkait dengan Diet Planet dan mengolah data tersebut dengan metode desain thinking. Data tersebut diolah menjadi desain dengan gaya illustrasi infografis yang disesuaikan dengan selera remaja. Hasil penelitian ini berupa instagram kampanye Diet Planet, Buku Saku Kalori Makanan, poster, dan brosur. Setelah selesai membuat desainnya, maka hasil penelitian diunggah ke instagram dan dilakukan validasi untuk menilai kelayakan materi. Dari validasi dapat disimpulkan bahwa materi tentang diet planet dan sampah makanan masih awam diketahui oleh para remaja Surabaya. Instagram kampanye Diet Planet menjadi media edukasi yang efektif untuk remaja Surabaya. Kata Kunci: Diet Planet, Remaja, Sampah Makanan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-14

How to Cite

Kariymah, A. N., & Abidin, M. R. (2020). PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE DIET PLANET SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN SAMPAH MAKANAN. BARIK, 1(2), 184–196. https://doi.org/10.26740/jdkv.v1i2.35990

Issue

Section

Articles
Abstract views: 362 , PDF Downloads: 544