PERANCANGAN BRAND IDENTITY SERBUK BAWANG DAYAK BUNIC

  • Riantika Norma Noviantarai
  • Asidigisianti Surya Patria

Abstract

Serbuk Bawang Dayak Bunic merupakan sebuah produk olahan rumahan atau home industry yang berasal dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Barat. Bawang Dayak sendiri merupakan tanaman obat khas Kalimantan yang penggunaannya sudah turun temurun dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, produk ini belum memiliki identitas visual sehingga produk Serbuk Bawang Dayak Bunic tidak banyak dikenal masyarakat. Oleh karena itu perancangan brand identity Serbuk Bawang Dayak Bunic bertujuan untuk memudahkan konsumen mengenal produk Serbuk Bawang Dayak Bunic sehingga dapat meningkatkan brand awareness di masyarakat. Dalam perancangan ini menggunakan metode analisis data STP dan SWOT yang berfungsi untuk mengevaluasi dan memilih pasar. Perancangan ini menghasilkan desain logo, desain label kemasan pouch dan Graphic Standard Manual (GSM) yang berisi tentang pedoman pengaplikasian sebuah brand dan desain. Hasil perancangan desain logo dan desain label kemasan Serbuk Bawang Dayak Bunic diharapkan mampu meningkatkan daya jual produk. Kata Kunci: Serbuk Bawang Dayak Bunic, brand identity, logo, Graphic Standard Manual (GSM).
Published
2020-08-14
How to Cite
Noviantarai, R., & Patria, A. (2020). PERANCANGAN BRAND IDENTITY SERBUK BAWANG DAYAK BUNIC. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(2), 247-260. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35999
Section
Articles
Abstract Views: 499
PDF Downloads: 819