BRANDING OLI BMAXX-RG79 SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI WILAYAH SURABAYA

  • Yusuf Hendra Dwi Darmawan
  • Muh. Ariffudin Islam

Abstract

PT Bimasakti Energi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan stockiest, penyewaan jasa sipil, dan jaringan telekomunikasi. Saat penelitian ini dilakukan, perusahaan tersebut mengeluarkan produk baru yang bernama Bmaxx-RG79 yang merupakan produk oli (pelumas) grease yang dikhususkan untuk mesin-mesin industri (pabrik). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk branding bagi Oli Bmaxx-RG79 yang digunakan sebagai upaya membangun brand awareness. Dalam hal ini permasalahan yang dikaji adalah tidak tersedianya branding produk Oli Bmaxx-RG79 sehingga masyarakat sebagai konsumen, khususnya di Surabaya belum mengetahui adanya produk tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan hanya tiga tahap yang dilakukan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, dan desain produk. Peneliti menggunakan tiga tahap saja karena hanya bertujuan mengenalkan brand awareness produk oli ini kepada konsumen. Analisis dilakukan dengan analisis SWOT, yaitu sebagai pengukur kemaksimalan branding yang diperbandingkan dengan produk pesaing yang sejenis. Branding yang dirancang meliputi desain logo, kemasan produk, seragam, pamflet, kartu nama, serta kendaraan operasional. Perwajahan desain didominasi oleh warna biru, dimana hal tersebut menunjukkan kesiapan perusahaan untuk senantiasa produktif dalam memenuhi kebutuhan konsumen, yang mereka sebut sebagai mitra. Keywords: produk, branding, brand awareness, Bmaxx-RG97
Published
2020-08-17
How to Cite
Darmawan, Y., & Islam, M. (2020). BRANDING OLI BMAXX-RG79 SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI WILAYAH SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 28-37. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36079
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 163