ANALISIS STRATEGI VISUAL BRANDING FLIP BURGER DENGAN PENDEKATAN TEORI BRANDING MARTY NEUMEIER

  • Moch. Catur Zulkarnain Adi Putra
  • Eko Agus Basuki Oemar

Abstract

Di era digital, Instagram adalah salah satu media sosial berbasis visual yang diminati masyarakat, banyaknya pengguna aktif mengakibatkan arus informasi mengalir deras. Instagram menduduki urutan keempat dengan penonton iklan terbanyak di Indonesia, dengan demikian pemanfaatan Instagram dapat dimaksimalkan untuk membangun hubungan antara perusahaan dengan masyarakat agar kepercayaan terhadap merek tercipta. Salah satu caranya adalah visual branding, membentuk persepsi mengenai sebuah merek melalui stimulus visual. Flip Burger, salah satu perusahaan di Indonesia yang mengaplikasikan visual branding di Instagram. Berawal dari penampilan yang tidak umum, memunculkan pertanyaan yang lebih besar mengenai keseluruhan strategi visual branding Flip Burger di Instagram. Melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan metode tinjauan desain dan pendekatan teori brand building Marty Neumeier, artikel ini menunjukkan bahwa pada tahun pertama Flip Burger menggunakan strategi innovate sebagai pondasi dalam membangun merek dan collaborate sebagai promosi. Pada tahun kedua, menggunakan strategi differentiate sebagai solusi dari masalah di tahun pertama, collaborate sebagai solusi atas dua pilar perusahaan yang lemah, validate untuk mengukur seberapa jauh variasi visual di tahun kedua diterima oleh masyarakat. Pada tahun ketiga Flip Burger melakukan strategi cultivate, dengan terus berproses dan mengolah yang telah dimiliki. Kata kunci: Visual Branding, Strategi Visual, Marty Neumeier, Instagram, Flip Burger
Published
2020-08-17
How to Cite
Putra, M., & Oemar, E. (2020). ANALISIS STRATEGI VISUAL BRANDING FLIP BURGER DENGAN PENDEKATAN TEORI BRANDING MARTY NEUMEIER. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 89-102. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36090
Section
Articles
Abstract Views: 787
PDF Downloads: 1463