PERANCANGAN DESAIN BALIHO KAMPANYE PASANGAN ERI - ARMUJI PADA PILKADA SURABAYA 2020

  • Alvin Maulana
  • Nova Kristiana

Abstract

Pilkada Surabaya yang diselenggarakan pada tahun 2020 seperti biasa akan diwarnai persaingan antar partai dan para kandidat. Eri - Armuji adalah salah satu kandidat pasangan Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan kepala daerah Surabaya 2020 dengan memanfaatkan Baliho sebagai media kampanye yang masih menjadi pilihan baik untuk dipilih menjadi media utama mengingat akan daya cakupnya yang luas. Namun perlu akan adanya strategi khusus untuk menampilkan media kampanye berupa baliho untuk bisa memiliki daya tarik tersendiri dengan memperhatikan desain dan strategi persebarannya. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk dan menciptakan desain baliho kampanye yang menarik dengan memanfaatkan keilmuan desain komunikasi visual secara komprehensif dan menghasilkan desain yang sesuai dengan millenial sebagai target utama pasar. Desain baliho unik ini secara umum akan menggunakan basis vektor untuk menciptakan desain dengan tampilan solid dan cenderung kartunik serta beda dari yang lain. Perancangan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, menggunakan metode perancangan Design Thinking. Hasil rancangan yang dihasilkan berupa media utama yaitu Baliho unik berbasis vektor yang ditampilkan di jalan Surabaya dan media sosial sebagai pendukung akan lebih mendekatkan dengan target audiens, serta media sekundernya antara lain masker, topi dan pin. Kata Kunci: Baliho, Pilkada, Media kampanye.
Published
2020-08-18
How to Cite
Maulana, A., & Kristiana, N. (2020). PERANCANGAN DESAIN BALIHO KAMPANYE PASANGAN ERI - ARMUJI PADA PILKADA SURABAYA 2020. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 114-126. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36109
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 340