PERANCANGAN MEDIA PERIKLANAN DALAM MEMPROMOSIKAN TAMAN HUTAN BAMBU KEPUTIH

  • Jeffry Dwi Kurniawan
  • Eko Agus Basuki Oemar

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya telah banyak membuat Taman Hutan Kota yang bertujuan untuk memperluas ruang terbuka hijau di antara padatnya laju pembangunan yang ada di Kota Surabaya. Diantara banyaknya Taman Hutan Kota yang ada di Kota Surabaya, terdapat salah satu taman hutan kota yang mempunyai tema berbeda dari taman yang lain yaitu Taman Hutan Bambu yang berada di Daerah Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi yang ada di wailayah Taman Hutan Bambu Kepuih. Lokasi yang kurang strategis menjadikan tempat ini kurang diketahui oleh masyarakat luas. Kegiatan promosi yang bersifat kolektif juga membuat Taman Hutan Bambu Keputih tidak dapat membangun brand-nya sendiri. Metode pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta menggunakan analisa SWOT dan konsep USP (Unique Selling Proposition). Rumusan masalah dalam perancangan ini adalah bagaimana konsep perancangan media periklanan Taman Hutan Bambu Keputih dalam mempromosikan kepada masyarakat luas dan juga bagaimana perancangan tersebut dilakukan. Hasil perancangan pada artikel ini berupa media poster, brosur, flyer, dan billboard. dengan perancangan ini diharapkan dapat membantu mempromosikan Taman Hutan Bambu Keputih kepada masyarakat luas dan menjadikan Taman Hutan Bambu Keputih menjadi pilihan destinasi wisata yang perlu dikunjungi di Kota Surabaya. Kata Kunci: Perancangan Periklanan, Promosi, Place Branding, Taman Hutan Bambu
Published
2020-08-18
How to Cite
Kurniawan, J., & Oemar, E. (2020). PERANCANGAN MEDIA PERIKLANAN DALAM MEMPROMOSIKAN TAMAN HUTAN BAMBU KEPUTIH. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 127-140. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36114
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 309