ANALIS SEMIOTIK DESAIN LOGO KEDAI KOPI DI SURABAYA SELATAN

  • Hanin Kharisma Parastuti
  • Djuli Djatiprambudi

Abstract

Minuman kopi kini menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Sehingga terdapat banyak sekali kedai kopi di berbagai sudut kota, khususnya Surabaya Selatan. Dengan begitu dibutuhkannya logo pada minuman kopi agar konsumen mudah mengenali dan tertarik untuk membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur desain visual, makna pada logo, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan logo pada kedai kopi di Surabaya Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber primer yaitu logo minuman kopi yang berada di Surabaya dan data sekunder diperoleh dari buku refrensi terkait penelitian. Dengan menggunakan pendekatan teori semiotika berdasarkan makna desain logo dari Roland Barthes. Analisis pada penelitian ini melalui 3 tahap. Yang pertama tahap reduksi data yaitu pemilihan logo kedai kopi di Surabaya. Selanjutnya tahap penyajian data yang bersifat deskriptif. Yang terakhir yakni pengambilan kesimpulan dari penelitian. Kata kunci: Semiotik, desain logo, kedai kopi, gaya hidup
Published
2020-08-18
How to Cite
Parastuti, H., & Djatiprambudi, D. (2020). ANALIS SEMIOTIK DESAIN LOGO KEDAI KOPI DI SURABAYA SELATAN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 141-153. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36115
Section
Articles
Abstract Views: 191
PDF Downloads: 624