PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOPIK PENGENALAN ANGGOTA TUBUH UNTUK ANAK TUNAGRAHITA

  • Ilham Fahri Muaffa
  • Muh Ariffudin Islam

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media interaktif untuk Anak berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai media pendukung pembelajaran yang lebih kompeten dan sesuai kebutuhan anak tunagrahita. Tujuan pengembangan media pembelajaran ‘Anggota Tubuhku’ ini adalah untuk mencukupi kebutuhan belajar anak tunagrahita, mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran dan menghasilkan media interaktif pada Anak Tunagrahita, serta Mendeskripsikan hasil skema tampilan media interaktif pengenalan anggota tubuh terhadap anak tunagrahita. Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan milik Rudi Susilana dan Cepi Riyana. Hasil penelitian yang pertama 1) terciptanya media anggota tubuhku sesuai metode pengembangan Rudi Susilana dan Cepi Riyana, karena model pengembangan media ini merupakan model pengembangan media yang terfokus pada pengembangan media. alur pengembangan dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan anak akan media, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, dan perancangan GBPM.2) Metode dalam perancangan media interaktif ini berangkat dari analisis Susilana dan Riyana, konsep pengembangan dimulai dari merancang media workflow dan wireframe hingga menjadi media dalam bentuk flash. Subyek dari penelitian yaitu anak Tunagrahita. Data berupa kelayakan media dalam segi visual, isi materi yang di sajikan dan hasil observasi anak. Hasil penelitian yakni terciptanya media ‘Anggota Tubuhku’ Media di kemas dalam bentuk CD yang berisi tutorial mengoperasikan dan software pendukung untuk membuka media. Keywords: Pengembangan, media interaktif, anggota tubuh, tunagrahita.
Published
2020-08-18
How to Cite
Muaffa, I., & Islam, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOPIK PENGENALAN ANGGOTA TUBUH UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 192-197. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36152
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 177