PERANCANGAN ILUSTRASI WUJUD KEBUDAYAAN MENURUT KOENTJARANINGRAT DI PONDOK PESANTREN AN-NUR II AL-MURTADLO PADA MEDIA KAUS

  • Mokhammad Ghufron Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ro’is Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan dalam Pondok Pesantren mewajibkan santri menetap di lingkungan pesantren. Adanya kebijakan juga batasan yang diterapkan di dalam Pondok Pesantren menciptakan budaya dalam lingkungan Pondok Pesantren. Adapun Kebudayaan di Pondok Pesantren sangat kurang dipahami oleh santri baru, perlu bagi santri baru untuk memiliki pengetahuan tentang kebudayaan yang ada di Pondok Pesantren, maka dari itu perlu adanya proses pengenalan tentang budaya Pondok Pesantren kepada santri baru. Dengan memfokuskan budaya di Pondok Pesantren An-nur II Al-murtadlo, pengenalan budaya ini akan berbasis teori wujud kebudayaan oleh Koentjaranigrat sebagai gambaran kongkrit dari sebuah budaya di Pondok Pesantren An-nur II Al-murtadlo dan menjadikannya sebuah produk kaus. Proses perancangan dimulai dari perumusan masalah, pengumpulan data melalui studi lapangan ditambah dengan studi literatur, analisis data dengan menggunakan analisis SWOT, proses visualisasi dengan tahapan brainstorming, pembuatan thumbnail, tight tissue, desain final, dan prototype, dilanjutkan proses validasi pada 3 desain final yang menghasilkan nilai validasi ‘sangat kuat’ pada masing-masing desain, terakhir pengambilan kesimpulan dan saran. Realisasi perancangan dicetak dalam media kaus berwarna biru navy, berbahan kain katun, dengan ukuran XL serta menggunakan teknik sablon digital printing. Kata kunci: Pondok Pesantren, An-nur II Al-murtadlo, budaya, desain, ilustrasi, kaus
Published
2021-01-17
How to Cite
Maulana, M., & Abidin, M. (2021). PERANCANGAN ILUSTRASI WUJUD KEBUDAYAAN MENURUT KOENTJARANINGRAT DI PONDOK PESANTREN AN-NUR II AL-MURTADLO PADA MEDIA KAUS. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 41-53. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/37863
Section
Articles
Abstract Views: 349
PDF Downloads: 383