ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM “AMERICAN IDIOT” BAND GREEN DAY

  • Rinto Wahyutama Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Cover album merupakan hal penting yang harus ada dalam kemasan album. Selain sebagai media untuk menambah daya jual kepada target konsumen, cover album juga menjadi media penyampaian pesan bagi pencipta album kepada audiens. Cover album dibuat dengan desain yang sesuai dengan visi lagu yang terdapat pada album. Ilustrasi dalam cover album dapat dimaknai dengan teori yang relevan. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada pemaknaan cover album American Idiot dari band Green Day. Cover album tersebut dipilih karena memiliki judul yang kontroversial, serta konsep yang simpel namun simbolis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam desain cover album American Idiot. Hasil dari penelitian ini adalah pemaknaan dari cover album American Idiot. Setelah melalui proses analisis, cover albumAmerican Idiot memiliki makna bahwa jangan menjadi seorang Amerika yang bodoh. Artinya seorang yang menelan informasi dari media secara mentah-mentah merupakan orang yang bodoh, karena pemerintah Amerika memanfaatkan media untuk propaganda. Selain itu, album ini juga memiliki makna perlawanan terhadap kebijakan perang dari pemerintah Amerika Serikat. Keywords: Cover Album, Teori Semiotika, Green Day
Published
2021-01-19
How to Cite
Wahyutama, R., & Anggapuspa, M. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM “AMERICAN IDIOT” BAND GREEN DAY. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 91-99. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38006
Section
Articles
Abstract Views: 894
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 1271