PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP PENGENALAN KEARIFAN LOKAL TULUNGAGUNG UNTUK ANAK SD

  • Prisma Devi Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Agus Basuki Oemar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memberikan alternatif media pembelajaran yang menarik dengan tema pengenalan kearifan lokal seni budaya yang ada di Kabupaten Tulungagung dalam bentuk media buku ilustrasi pop-up. Selain memberikan edukasi, media buku pop-up juga memberikan pengalaman belajar sambil bermain, ditambah dengan visualisasi 3D yang mengejutkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan 5W dan 1H. Proses perancangan buku ilustrasi pop-up pengenalan kearifan lokal Tulungagung, diawali dengan menentukan konsep desain, proses visualisasi desain, dan final desain. Hasil perancangan ini berupa buku ilustrasi pop up berjudul “Pop-up Mari Mengenal Kesenian & Budaya Tulungagung” yang memiliki 14 halaman dengan 10 kearifan lokal seni budaya yang ditampilkan. Buku pop-up dirancang dengan menggunakan teknik v-folding yang memiliki efek gambar berdiri. Hasil perancangan juga didukung dengan media pendukung berupa poster, pembatas buku, sticker, pin dan gantungan kunci. Perancangan buku pop-up tersebut diperuntukkan untuk anak Sekolah Dasar khususnya kelas 4-6. Dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam menangani kesulitan belajar sehingga ilmu yang didapat dapat terserap dengan baik. Keywords: Ilustrasi, Pop-Up, Kearifan lokal, Tulungagung
Published
2021-01-19
How to Cite
Devi, P., & Oemar, E. (2021). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP PENGENALAN KEARIFAN LOKAL TULUNGAGUNG UNTUK ANAK SD. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 181-195. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38013
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 456