KAJIAN SEMIOTIK POSTER “KOMPETISI ADU WARGA” KARYA TERORSKI

  • Nizal Muhamad Fiqri Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudi Marsudi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Poster propaganda mempunyai peranan penting sebagai pengungkapan pesan sosial, politik, dan representasi dari perjuangan kelas bawah. Oleh karena itu pesan yang terdapat di dalam poster propaganda harus mempunyai misi sosial. Seperti halnya yang terdapat di dalam poster Kompetisi Adu Warga yang dibuat oleh Terorski, seorang seniman jalanan asal Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna tanda dari poster “Kompetisi Adu Warga”, dengan menggunakan data primer yaitu elemen-elemen dalam poster Kompetisi Adu Warga dan data sekunder berupa buku, dokumen, dan artikel. Data penelitian dianalisis menggunakan semiotika Pierce yakni ikon, indeks, dan simbol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat ikon berupa ilustrasi manusia dan domba. (2) Indeks yang berupa ilustrasi manusia, ilustrasi domba, kalimat “Kompetisi Adu Warga”, dan kalimat “Berhadiah Rumah Susun”. (3) Simbol yang meliputi warna yang digunakan dalam poster tersebut, ilustrasi domba, ilustrasi kopiah, ilustrasi kacamata, ilustrasi jas dan dasi. Serta kalimat “CP: Pemkot Bandung (080000ngagolorong)”. (4) Poster “Kompetisi Adu Warga” dimaknai dengan isu politik adu domba yang terjadi di lokasi penggusuran Tamansari Kota Bandung. Selain itu, visualisasi dari poster propaganda dibuat unik dan mengundang simpati para pembaca poster di ruang publik. Keywords: Semiotik, representasi, poster propaganda, penggusuran tanah Tamansari
Published
2021-01-19
How to Cite
Fiqri, N., & Marsudi, M. (2021). KAJIAN SEMIOTIK POSTER “KOMPETISI ADU WARGA” KARYA TERORSKI. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 196-209. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38016
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 201