PERANCANGAN STRATEGI BRANDING CIG HARDWARE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

  • Akhmad Syahrul Prayoga Universitas Negeri Surabaya
  • Hendro Aryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurangnya kesadaran akan merek (brand awareness) CIG Hardware menimbulkan permasalahan pada keberlangsungan usahanya. Penelitian ini mengulas tentang strategi branding CIG Hardware dalam meningkatkan brand awareness. Strategi Branding yang dijalankan oleh CIG Hardware lebih dipusatkan pada aktivitas berhubungan dengan masyarakat di internet dan media sosial namun lebih dikerjakan melalui periklanan, publikasi dan promosi penjualan untuk meningkatkan brand awareness. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara semi tersusun secara mendalam sebagai teknik pengumpulan data untuk memperoleh informasi yang lengkap dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peneliti. Dalam menciptakan strategi branding diperlukan data-data penunjang, data tersebut diperoleh dari metode analisa SWOT. Strategi branding bisa membantu CIG Hardware dalam membentuk brand essence, positioning, tone & style, dan brand story yang sesuai dengan personality yang dimiliki CIG Hardware. Adanya strategi branding yang tepat dapat membantu meningkatkan nilai brand CIG Hardware dan mampu bersaing dengan pesaing lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini menentukan bahwa setiap promosi yang dilakukan oleh CIG Hardware tidak hanya berpusat pada peningkatan brand awareness kepada masyarakat tetapi ada beberapa paduan promosi yang bermaksud untuk memajukan penjualan seperti promosi penjualan. Kata Kunci: Strategi Branding, CIG Hardware, Brand Awareness
Published
2021-07-01
How to Cite
Prayoga, A., & Aryanto, H. (2021). PERANCANGAN STRATEGI BRANDING CIG HARDWARE UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 31-42. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/40924
Section
Articles
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 337