PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL CATERING & BAKERY CHERRY

  • Chealza Nuansa de Riandra Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Catering & Bakery Cherry adalah sebuah Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang melayani jasa catering nasi kotak, serta menjual macam-macam kue dan roti, dengan kategori modern dan tradisional. Permasalahan yang dihadapi adalah tidak memahami pentingnya membangun identitas visual untuk brand-nya, terbukti dengan desain logo yang digunakan Cherry, berbeda antara logo catering dengan logo bakery. Melalui analisis kebutuhan, diketahui bahwa selama ini Catering & Bakery Cherry tidak memiliki konsep desain yang khusus, sehingga konsumen lebih mengenal nama owner daripada nama brand-nya. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan desain identitas visual yang meliputi warna, pattern, serta redesign logo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengelola data secara sistematis, serta didukung dengan analisis SWOT yang bertujuan mengetahui strategi yang tepat untuk digunakan dalam perancangan identitas visual Catering & Bakery Cherry. Strategi tersebut dapat membantu Catering & Bakery Cherry dalam meningkatkan loyalitas konsumen, mendapatkan lebih banyak konsumen, dapat lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, serta diharapkan akan berdampak pada peningkatan penghasilan Catering & Bakery Cherry. Hasil dari perancangan identitas visual ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, meliputi: logo, kartu nama, desain kemasan, desain menu, dan brosur. Keywords: Catering & Bakery Cherry, identitas visual, desain.
Published
2021-07-02
How to Cite
de Riandra, C., & Islam, M. (2021). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL CATERING & BAKERY CHERRY. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 43-56. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/40987
Section
Articles
Abstract Views: 1277
PDF Downloads: 3259