PERANCANGAN FLASH CARD SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

  • Mega Aliyasari Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengetahuan emosi memiliki pengaruh besar terhadap proses perkembangan, baik pada perkembangan sosial-emosional ataupun perkembangan kognitif. Pada anak usia prasekolah pengetahuan dasar akan emosi yang dirasakannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, yakni keluarga. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan jenis ekspresi emosi pada anak usia prasekolah agar anak dapat mengidentifikasi dan mengomunikasikan emosi yang sedang dirasakannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara serta metode pengembangan R&D Borg and Gall. Perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Hasil dari perancangan ini berupa flash card emosi yang divisualisasikan menggunakan teknik ilustrasi digital dan diilustrasikan secara sederhana agar mudah dipahami oleh anak. Flash card divalidasi oleh dosen Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya dan ilustrator buku anak di Little Quokka. Hasil validasi pada aspek materi menunjukkan hasil 85,7% dengan keterangan sangat baik dan pada aspek desain diperoleh hasil 70% dengan keterangan baik. Setelah diujicobakan terhadap empat anak usia prasekolah, secara keseluruhan flash card telah layak digunakan karena terdapat kesesuaian visualisasi dengan materi sehingga mudah dipahami. Kata Kunci: anak, prasekolah, perkembangan kognitif, emosi, pembelajaran
Published
2021-07-05
How to Cite
Aliyasari, M., & Martadi, M. (2021). PERANCANGAN FLASH CARD SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 82-95. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41100
Section
Articles
Abstract Views: 522
PDF Downloads: 1314