PERANCANGAN BUKU DIGITAL “GOGOR LAN PITAKONANE” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BAHASA JAWA UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN

  • Elvira Ayuniar Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bahasa Jawa merupakan bahasa dengan penutur terbesar di Indonesia. Sayangnya penutur yang besar tidak menjauhkannya dari kemungkinan kepunahan. Mulai hilangnya pembiasaan Bahasa Jawa di lingkungan keluarga menciptakan generasi muda yang tidak dapat berbahasa Jawa. Bila sebuah bahasa hilang maka pengetahuan yang dibawa oleh bahasa itu pun akan hilang, untuk mencegah hal ini dibutuhkan upaya pelestarian melalui media yang mampu memikat keluarga untuk memperkenalkan dan mengajarkan Bahasa Jawa kepada anak. Dalam perancangan ini penulis menggunakan metode perancangan design thinking yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang aplikasi buku cerita bergambar digital dalam Bahasa Jawa dengan karakter yang mampu menerapkan Bahasa Jawa secara baik melalui rangkaian cerita yang menarik. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah aplikasi buku cerita bergambar yang menceritakan tentang Gogor yang mencari bonekanya Tobil dengan bertanya pada semua orang pertanyaan yang sama. Karya perancangan ini telah diuji kelayakannya dengan persentase yaitu 82% dari pakar Bahasa Jawa, 82% dari pengajar tingkat dasar, dan 82% dari target audience utama yaitu orang tua. Hasil rata-rata uji kelayakan menunjukkan bahwa media perancangan sudah layak dan dapat menjadi solusi dari masalah yang diteliti. Kata Kunci: Bahasa Jawa, Pengenalan Bahasa, Buku Cerita Bergambar Digital, Keluarga
Published
2021-07-09
How to Cite
Ayuniar, E., & Patria, A. (2021). PERANCANGAN BUKU DIGITAL “GOGOR LAN PITAKONANE” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BAHASA JAWA UNTUK ANAK USIA 2-6 TAHUN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(1), 261-273. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41491
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 208