PERANCANGAN DESAIN KARAKTER SENJATA TRADISIONAL UNTUK GAME VISUAL NOVEL BERBASIS POWERPOINT

  • Eliana Wulandari
  • Hendro Aryanto

Abstract

Senjata tradisional atau artefak merupakan salah satu kekayaan budaya bagi setiap negara. Contohnya di Indonesia, artefak yang ada memiliki berbagai macam jenisnya sesuai dengan daerah masing-masing. Saat dilakukan sebuah survey ada beberapa yang belum mengetahui artefak yang ada. Demi menarik minat untuk mengenal macam artefak yang ada, mengenalkan sebuah artefak dengan mewujudkannya dalam bentuk lain dalam menarik minat masyarakat menjadi sebuah pilihan. Pembuatan desain karakter untuk sebuah benda, negara, artefak dan sebagainya mulai bermunculan untuk menarik minat masyarakat lebih mempelajari atau lebih mengenal hal tersebut. Contohnya seperti pada desain karakter yang menggambarkan setiap artefak yang ada di jepang dalam game “Touken Ranbu Poket”. Hal ini didukung dengan semakin berkembangnya media perkenalan desain karakter seperti melalui game. Antara lain dalam game berjenis visual novel. Menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis, diketahui para memain game visual novel, khususnya untuk wanita menggemari setiap penggambaran akan desain karakter dari sebuah artefak atau hal yang lain. Pembuatan game ini menggunakan media powerpoint yang diaplikasikan pada laptop, diharapkan lebih mempermudah dalam penyebarannya dan menambah minat masyarakat dengan karakter yang di tampilkan pada game visual novel. Kata Kunci: Senjata Tradisional, Desain Karakter, Game Visual Novel, Powerpoint.
Published
2021-07-13
How to Cite
Wulandari, E., & Aryanto, H. (2021). PERANCANGAN DESAIN KARAKTER SENJATA TRADISIONAL UNTUK GAME VISUAL NOVEL BERBASIS POWERPOINT. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 166-179. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41647
Section
Articles
Abstract Views: 493
PDF Downloads: 1023