PERANCANGAN BRANDING PELAYANAN SISANDI UPT. PMPI&TK SURABAYA

  • Muhammad Ibrar Hafizh Ardyasta Universitas Negeri Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Meningkatnya produk import di Jawa Timur dan kurangnya kesadaran akan pentingnya standardisasi membuat produk UKM kurang diminati masyarakat. Peran pemerintah melalui Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Surabaya (UPT. PMPI&TK Surabaya) Disperindag Provinsi Jawa Timurdengan program kerja yang diberi nama SISANDImendorong UKM untuk menstandardisasi produknya agar produk UKM memiliki nilai jual yang lebih baik.Tujuan dari penelitian ini mensosialisasikan kepada masyarakat terutama UKM di Jawa Timur agar produk UKM Jawa Timur memiliki nilai jual dan UKM bisa menjadi tulang punggung perekonomian di Jawa Timur, metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif seperti hasil yang diperoleh dari wawancara, observasi dan pengumpulan data tambahan lainnya kemudian data di olah dalam sebuah perancangan dimana hasil perancangan itu berupa desain brand untuk mempermudah dikenali masyarakat terutama UKM, brosur menjadi media utama dapat menjangkau UKM rural, dan untuk media penunjan menggunakan feed instagram, X-banner, dan seragam PDL yang digunakan petugas di lapangan. Maka dapat disimpulkan kurangnya informasi tentang pelayanan SISANDI karena keterbatasan informasi yang didapat masyarakat karena tempat yang jauh dari dinas setempat dan tidak adanya media informasi yang bisa di terima oleh masyarakat tentang pelayanan SISANDI ini. Kata kunci: UKM rural, Standardisasi, SISANDI, Pelayanan.
Published
2021-07-16
How to Cite
Ardyasta, M., & Patria, A. (2021). PERANCANGAN BRANDING PELAYANAN SISANDI UPT. PMPI&TK SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 228-238. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41849
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 94