PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN PADA MEDIA SOSIAL

  • Safyra Fajari Oktafiana Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masalah tentang pelecehan seksual sampai sekarang masih dianggap oleh sebagian orang menjadi masalah personal biasa, padahal grafik banyaknya pelecehan di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2020 di masa pandemi jenis pelecehan seksual secara online di media sosial melonjak tinggi. Perancangan kampanye ini berupa poster dengan target audiens pada perancangan ini adalah calon korban, korban, dan pelaku pelecehan yang rata-rata remaja berusia 17-24 tahun. Didasari hal tersebut maka dibuat sebuah perancangan kampanye guna mengurangi tindakan pelecehan di media sosial yang bekerjasama dengan pihak Kekerasan Gender Berbasis Online (KBGO). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, pengumpulan data, menganalisis data menggunakan 5W1H. Dari analisis data yang didapat, disusun konsep perancangan, dan visualisasi karya hingga final desain. Final desain divalidasi oleh KGBO. Hasil perancangan kampanye sosial ini berupa infografis data pelecehan seksual online dan yang berupa poster berisi informasi mengenai cara mencegah dan melaporkan, perancangan ini diterapkan melalui media sosial Instagram. Perancangan ini diharapkan mengurangi kasus pelecehan seksual dan meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat. Kata kunci: kampanye, pelecehan, seksual, online, media sosial.
Published
2021-07-26
How to Cite
Oktafiana, S., & Kristiana, N. (2021). PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN PADA MEDIA SOSIAL. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 258-270. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42207
Section
Articles
Abstract Views: 2257
PDF Downloads: 5681