PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 6-10 TAHUN

  • Ainul Mufida Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Ro'is Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini sangat penting untuk menguasai bahasa internasional, salah satunya adalah bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris perlu diberikan sejak usia dini. Namun, dengan kemajuan teknologi saat ini, anak seringnya kecanduan kepada permainan yang ada pada smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran bahasa Inggris melalui media yang menyenangkan, yaitu board game. Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: (1) Memberikan sesuatu yang baru yang menarik bagi anak-anak dengan memberikan apa yang tidak bisa dilakukan dengan smartphone mereka, yaitu teman bermain yang sesungguhnya, ruang gerak, dan interaksi. (2) Menciptakan suasana belajar sambil bermain dengan memberikan unsur interaktif yaitu sebagai contoh membaca, melakukan sesuatu dan lain sebagainya. (3) Beda halnya dengan Smartphone yang hanya dimainkan seorang diri, tentunya permainan board ini memerlukan teman secara nyata untuk memainkanya, sehingga, mereka akan melakukan interaksi langsung kepada partner bermainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan R&D menurut Borg dan Gall. Dengan mengkobinasikan kedua metode tersebut, ditemukan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris dengan board game dinilai efektif karena banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh anak. Sehingga, orang tua dapat terbantu dengan adanya permainan ini. Kata Kunci : Bahasa Inggris, Permainan, Media Pembelajaran, Permainan Papan.
Published
2021-07-26
How to Cite
Mufida, A., & Abidin, M. (2021). PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 6-10 TAHUN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 44-59. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42217
Section
Articles
Abstract Views: 944
PDF Downloads: 3428