PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 1 SDN MEDAENG 2 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdkv.v2i3.42219Abstract
Rendahnya pemahaman siswa dalam konsep pembelajaran numerasi pada pembelajaran Matematika khususnya untuk kelas 1 di SDN Medaeng 2 Sidoarjo masih kurang optimal. Hal ini salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya materi pembelajaran matematika yang dikembangkankan oleh para guru, serta tidak banyak guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam menanggapi pembelajaran Matematika yang berlangsung. Penelitian ini dimaksudkan untuk tujuan merancang media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi anak dalam pembelajaran Matematika melalui media buku ilustrasi pengenalan dakon. Rumusan masalah ini adalah bagaimana penulis akan merancang buku ilustrasi pengenalan permainan dakon untuk mengkatkan kemampuan numerasi anak kelas 1 SDN Medaeng 2, penelitian ini berbasis kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melaui proses wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Tahap uji produk dilakukan oleh guru SDN Medaeng Sidoarjo 2 kelas 1 SD , dan tahap uji coba pemakaian dilakukan oleh 2 anak kelas 1 SD yang bersekolah di SDN Medaeng 2 untuk mengetahui buku hasil perancangan ini layak untuk digunakan. Kata Kunci: Numerasi, Matematika , Dakon , Buku ilusrasi , Kelas 1 SDDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-07-26
How to Cite
Amellya, A. F., & Aryanto, H. (2021). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 1 SDN MEDAENG 2 SIDOARJO. BARIK, 2(3), 60–72. https://doi.org/10.26740/jdkv.v2i3.42219
Issue
Section
Articles

