ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME AMONG US DENGAN MENGGUNAKAN GAME-DESIGN FACTORS QUESTIONNAIRE

  • Alfi Nurfitriya Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Cahyo Kusumandyoko Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Among Us merupakan sebuah permainan digital dengan genre Asymmetrical Multiplayer Social Deduction Game. Diproduksi pada 2018 oleh Innersloth yang merupakan developer asal Amerika. Kesuksesannya yang tinggi serta bagaimana Among Us memengaruhi aspek sosial, budaya dan psikologis masyarakat khususnya di Indonesia mendorong terlaksananya penelitian ini dengan tujuan untuk menilai kualitas permainan dan menjelaskan fenomena dari perspektif User Experience dan Hierarchy of Needs guna memberi pengetahuan baru dalam memahami fenomena dan pengalaman pengguna terhadap permainan digital di ranah desain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner Game-Design Factors. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa Among Us memang memiliki penilaian yang tinggi pada faktor Game Goals, Game Mechanism, Interaction, Game Fantasy, Sensation, Challenges, dan Sociality. Sedangkan faktor Freedom, Narrative, Game Value, Mystery dan Flow dinilai menjadi kekurangan permainan ini. Kemudian, Among Us mampu memenuhi kebutuhan fisiologis, cinta atau kepemilikan, penghargaan diri, dan aktualisasi diri dengan cukup baik namun kurang menonjol pada kebutuhan akan keamanan. Kesimpulan ini dapat ditarik melalui analisis teori kebutuhan pada tiap-tiap variabel pada masing-masing faktor yang ada pada Game-Design Factors Questionnaire. Disarankan agar pada penelitian selanjutnya dapat menambahkan sumber data lain agar dapat dianalisis lebih dalam. Kata Kunci: User Experience, Among Us, Game-Design Factors, Hierarki Kebutuhan
Published
2021-07-28
How to Cite
Nurfitriya, A., & Kusumandyoko, T. (2021). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME AMONG US DENGAN MENGGUNAKAN GAME-DESIGN FACTORS QUESTIONNAIRE. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 148-162. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42314
Section
Articles
Abstract Views: 698
PDF Downloads: 1301