PERANCANGAN APLIKASI INTERAKTIF ISLAMI ANDROID “DOA SEHARI-HARI BERSAMA ZIO & AZA”

  • Fauziah Isnaini Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Generasi Alpha tumbuh dan berkembang di lingkungan teknologi digital yang berkembang dengan kemajuan intelektual yang semakin beragam. Hal ini menjadi tantangan untuk memanfaatkan peluang teknologi yang ada untuk mengedukasi dan mengajarkan tentang moral dan kebaikan. Salah satu kebaikan yang perlu diajarkan, adalah kewajiban untuk berdoa sebagai manusia yang berketuhanan. Dari sedini mungkin harus ditanamkan untuk senantiasa berdoa, karena pada usia anak 4-7 tahun merupakan masa-masa keemasan perkembangan otak, mental, dan pembentukan karakter seorang anak. Maka dari itu diharapkan apa yang diajarkan sejak dini dapat mengubah karakternya kelak menjadi pribadi generasi yang baik. Tujuan perancangan aplikasi doa sehari-hari bersama Zio & Aza ini adalah sebagai sarana edukasi doa sehari-hari pada anak sekaligus bermain. Rumusan masalah dalam perancangan ini adalah Aplikasi doa sehari-hari bersama Zio & Aza ini menggunakan metode kualitatif dengan alur model design thinking. Alur tersebut meliputi Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari perancangan ini berupa sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat cerita dongeng aktivitas kakak beradik Zio & Aza. Cerita itu memuat aktivitas dari bangun tidur di pagi hari hingga akan tidur di malam hari. Aplikasi ini juga di lengkapi audio pelafalan doa sehari-hari islam di dalamnya, terdapat pula menu permainan yang dapat dimainkan anak-anak. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan anak-anak dapat mencontoh dan menerapkan kebiasaan baik untuk selalu berdoa setiap hari. Keywords: aplikasi interaktif, android, doa sehari-hari islam, perancangan
Published
2021-07-29
How to Cite
Isnaini, F., & Islam, M. (2021). PERANCANGAN APLIKASI INTERAKTIF ISLAMI ANDROID “DOA SEHARI-HARI BERSAMA ZIO & AZA”. BARIK, 3(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42408
Section
Articles