PENERAPAN GAYA DADAISME DALAM PERANCANGAN T-SHIRT BRAND BRIGSIDE

  • Lavidhi Arsyad Hizbullah Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan desain T-Shirt mendorong para desainer untuk berkarya pada media yang akan diperjualbelikan kepada konsumen dengan karakterisik desain dan brand yang berbeda-beda. Brigside merupakan sebuah brand dalam bidang pakaian yang mengusung semangat Youth Culture atau budaya remaja di kota Surabaya melalui pesan visual yang disampaikan lewat desain T-Shirt. Pada katalog 2021, Brigside ingin melakukan diversifikasi produk dengan memperkaya gaya desain T-Shirt mereka. Sebagai upaya untuk pengembangan desain T-Shirt brand Brigside, maka dibutuhkan penerapan gaya Dadaisme pada desain T-Shirt brand Brigside yang bertujuan untuk menjadi pembaruan gaya desain pada katalog sebelumnya. Dadaisme merupakan aliran seni yang mengusung teknik kolase dalam proses berkaryanya dimana hal tersebut akan diaplikasikan pada perancangan desain T-Shirt ini sebagai gaya visual pembeda dari brand kompetitor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan Matriks SWOT. Perancangan ini menghasilkan 3 (tiga) desain kaos sebagai media utama, dengan media pendukung dalam bundling package yang berupa: desain packaging, dompet kanvas tahan air, korek api, dan stiker. Media tersebut membuktikan bahwa penerapan gaya Dadaisme pada desain T-Shirt brand Brigside merupakan strategi yang tepat sebagai bentuk pengembangan dan gaya desain pembeda dari brand kompetitor. Kata kunci: T-Shirt, Desain, Brigside, Dadaisme, Kolase.
Published
2021-07-29
How to Cite
Hizbullah, L., & Islam, M. (2021). PENERAPAN GAYA DADAISME DALAM PERANCANGAN T-SHIRT BRAND BRIGSIDE. BARIK, 3(1), 15-29. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42409
Section
Articles