PRINSIP GESTALT PADA LABEL KEMASAN AIR MINUM ADES

Authors

  • Wempi Satria Pradana Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.42411

Abstract

Persaingan pasar pada produsen air minum dalam kemasan yang ketat untuk menjadi berbeda dengan kompetitor untuk mendapatkan pasar yang lebih spesifik. Topik pembahasan ini adalah salah satu produk dari Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) yaitu Ades karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kompetitor. Image segar yang ditampilkan oleh Ades yang mengangkat hidup ramah lingkungan dalam kemasan produk Ades. Penulis melakukan studi analisis tentang penerapan prinsip gestalt pada label Air minum dalam kemasan Ades sebagai identitas visual mereka. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa prinsp gestalt dan makna dari tanda - tanda yang digunakan dalam label kemasan Ades. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penulisan yang digunakan adalah tinjauan desain dengan prinsip gestalt pada label kemasan Ades. Berdasarkan hasil dari analisis dengan prinsip gestalt, label kemasan Ades menggunakan beberapa prinsip seperti figure and ground, similarity dan proximity untuk mencapai visual label kemasan yang menggambarkan produk citra brand Ades sebagai produk yang peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran jejak emisi karbon dari hasil kegiatan manusia. Dengan pemilihan bentuk visual dan warna yang tepat sebuah label kemasan dapat merepresentasikan citra brand Ades sebagai produk AMDK yang sadar akan lingkungan. Kata kunci: Air minum, Ades, Kemasan, Gestalt, Label

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Pradana, W. S., & Kristiana, N. (2021). PRINSIP GESTALT PADA LABEL KEMASAN AIR MINUM ADES. BARIK, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jdkv.v3i1.42411

Issue

Section

Articles
Abstract views: 824 , PDF Downloads: 1625