PERANCANGAN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TAPE KETAN SURABAYA

  • Risma Megadini Universitas Negeri Surabaya
  • Meirina Lani Anggapuspa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tape Ketan Surabaya merupakan salah satu produsen jajanan tradisional di Kota Surabaya yang berdiri sejak tahun 2004. Produk yang dihasilkan yaitu tape ketan hitam, hijau, dan putih dalam kemasan yang dipasarkan secara offline maupun online. Namun, pada pemasaran secara online belum memenuhi target yang diharapkan, sehingga perlu media promosi yang sesuai, guna dapat mengenalkan produk pada khalayak. Maka dari itu rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah proses perancangan dan visualisasi feed Instagram yang dapat menjadi alternatif media promosi Tape Ketan Surabaya. Tujuan perancangan dapat mendeskripsikan proses perancangan serta memvisualisasikan desain feed Instagram untuk digunakan sebagai media promosi Tape Ketan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui tahapan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, menentukan strategi perancangan, dan mendeskripsikan proses perancangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama pemiliki usaha, melakukan observasi, dan mengumpulkan studi literatur. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis SWOT dan USP guna mendapatkan informasi terkait kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman produk serta keunikan produk. Kelebihan dan keunikan produk kemudian diterapkan menjadi konsep perancangan feed Instagram melalui tahapan visualisasi thumbnail, tightissue, dan final design. Dari penelitian ini dihasilkan feed Instagram sebagai media promosi utama, dan media promosi pendukung berupa kartu nama serta X-banner. Kata Kunci: Feed Instagram, Media Promosi, Online
Published
2021-07-29
How to Cite
Megadini, R., & Anggapuspa, M. (2021). PERANCANGAN FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TAPE KETAN SURABAYA. BARIK, 3(1), 69-81. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42446
Section
Articles